Stadion Mandala Krida Siap Tampung Perhimpunan Musafir Liga 1

VIVA   –  Bon 1 akan kembali digelar dalam Oktober 2020. Kompetisi kasta sempurna sepakbola Indonesia itu sempat dihentikan sementara karena pandemi virus corona.

Dalam lanjutan Liga 1 nanti, sejumlah tim daripada luar Jawa akan dipusatkan dalam satu lokasi. Salah satunya pada Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

(Baca juga: Protokol Kesehatan tubuh Liga 1 Disetujui Kemenkes, Kelakuan Selanjutnya Apa? )

Ada tiga gelanggang di DIY yang bisa dipakai menjadi markas sementara, yaitu Gelanggang Maguwoharjo (Kabupaten Sleman), Stadion Kawasan Krida (Kota Yogyakarta), dan Gelanggang Sultan Agung (Kabupaten Bantul).

Stadion Mandala Krida dengan selama ini menjadi markas kandidat Liga 2 PSIM Yogyakarta, sudah disiapkan. Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) PSIM, Wendi Umar menyatakan kesiapan apabila akan dipakai oleh tim Liga 1.

Wendi menuturkan kendala penggunaan Stadion Mandala Krida adalah belum bisa dipakai untuk pertandingan malam. Kondisi ini karena belum adanya fasilitas lampu penerangan.

“Harapan kita nantinya Stadion Mandala Krida juga bisa digunakan oleh tim Liga 1. Meskipun kita ketahui yang sedianya pelaksanaannya bisa dilakukan sore dan malam mungkin karena belum ada fasilitas lampu, bisa dilaksanakan sore hari, ” ujar Wendi saat dihubungi, Jumat 17 Juli 2020.

(Baca juga: Yogyakarta, Tempat Lahirnya PSSI yang Terdepak dari Piala Dunia U-20)

Wendi menyebut pihak Panpel PSIM telah menyiapkan protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona di tiap laga. Dalam regulasi baru tentang acuan pertandingan tanpa penonton dan pembagian ring di dalam stadion sudah tersosialisasikan.

“Jadi nanti semua sudah ada regulasinya. Dibatasi orangnya di dalam stadion, baik itu wartawan, pemain, ofisial. Terus nanti tiga hari pada waktu kedatangan (tim) itu dicek kesehatannya. Nanti waktu di hari H dicek lagi, baik itu pemain, perangkat, maupun panpel sendiri, ” ungkap Wendi.
 

Matthew Collins

Back to top