Rivalitas Messi dan Ronaldo Diramalkan dalam Anime Captain Tsubasa

VIVA   –    Reuni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akhirnya berlaku di Liga Champions. Ronaldo mendatangkan Juventus menekuk Barcelona 3-0 di Camp Nou dalam matchday enam penyisihan Grup G Liga Champions, Rabu dini hari WIB, 9 Desember 2020.

Ronaldo sukses mencetak dua gol dari titik putih, sedangkan Messi urung mencetak gol. Juve lolos ke babak 16 besar sebagai ahli grup, sedangkan Barca harus puas menjadi runner up.

Di luar pertemuan itu, persaingan Messi dan Ronaldo selalu radang dalam satu dekade terakhir. Mereka senantiasa bersaing menjadi pemain utama di dunia.

Ternyata, persaingan Messi dan Ronaldo sudah diramalkan dalam serial manga dan anime Jepang, Captain Tsubasa. Perlu diketahui, manga Captain Tsubasa pertama rilis pada 1981, sebelum Messi dan Ronaldo berdiri ke dunia.

Dalam serial Captain Tsubasa, Tsubasa Ozora selalu bergandengan dengan Kojiro Hyuga untuk menjadi pemain terbaik dunia. Persaingan Tsubasa dan Hyuga ini sangat mirip dengan Messi dan Ronaldo pada dunia nyata.

Bahkan sang kreator Captain Tsubasa, Yoichi Takahashi sempat membenarkan hal tersebut. Hal itu diungkapkannya saat mengunjungi Camp Nou di 2012 silam.

“Tsubasa Ozora itu Lionel Messi. &, Kojiro Hyuga adalah Cristiano Ronaldo, karena dia lebih berotot, ” kata Takahashi dilansir Marca.

Dalam anime, dikisahkan Tsubasa berasal dari keluarga berada namun Hyuga berasal dari keluarga kurang mampu. Ini sama persis dengan kehidupan Messi dan Ronaldo.

Bahkan, Hyuga diceritakan jadi anak yatim karena ayahnya sudah meninggal dunia. Persis dengan dialami Ronaldo, yang harus kehilangan si ayah. Ayah Ronaldo, Jose Dinis Aveiro sudah meninggal dunia sebab ketergantungan terhadap alkohol.

Messi sempat mengembangkan karier pada Barcelona B, sebelum memperkuat awak utama Barca. Hal serupa pula dialami Tsubasa dalam serial anime.

Kepindahan Ronaldo ke Juventus di musim 2018/19 semakin menguatkan kemiripannya dengan Hyuga. Sebab, dalam anime juga diceritakan Hyuga memperkuat Bianconeri.

Matthew Collins

Back to top