Resmi, Markas Napoli Bernama Stadion Diego Armando Maradona

VIVA   –  Akhirnya, basis Napoli San Paolo resmi berganti nama menjadi Stadion Diego Armando Maradona. Perubahan nama stadion itu disetujui pemerintah kota dan balai.

“Dengan resolusi yang disetujui hari ini, stadionnya kini dinamai Diego Armando Maradona. Pernyataan itu diajukan oleh Walikota Luigi de Magistris, oleh anggota jawatan bidang toponimi Alessandre Clemente, & ditandatangani oleh seluruh anggota mahkamah kota yang bertemu di Palazzo San Giacomo, ” bunyi pernyataan resmi kota Naples dikutip Football Italia, Sabtu 5 Desember 2020.

“Sesaat sebelum kerap Panitia Pelaksana, Komisi Penasehat Toponomi Kota telah menyetujui usulan Walikota, Penasihat Toponomi Allessandra Clemente dan Dewan Kota, menamai stadion San Paolo dengan nama Stadion Diego Armando Maradona. ”

Untuk diketahui, Maradona merupakan sosok legenda di tanah air Naples, khususnya untuk Napoli. Ia meninggal dunia pada 25 November lalu setelah mengalami henti dalaman.

Nah, pasca wafatnya Maradona  penghormatan besar-besaran diberikan negeri sepakbola untuknya. Napoli, yang sebelumnya sudah memensiunkan nomor punggung 10 milik Maradona, lantas memutuskan mengganti nama stadion mereka.

Terkait kiprah Maradona, ia mengantarkan Napoli meraih dua Scudetto dalam 1987 dan 1990, serta mengungguli Coppa Italia, Piala Super Italia, dan Piala UEFA. Itu adalah dua Scudetto pertama dan final Napoli sejauh ini, sebagaimana kepala Piala UEFA masih jadi satu-satunya gelar mereka di Eropa.

Matthew Collins

Back to top