On This Day: Persebaya Surabaya Sabet Tiket Promosi ke ISL

VIVA â€“ Persebaya Surabaya memastikan tiket promosi ke Liga Super Indonesia (ISL) 2014. Hal tersebut terjadi usai Bajul Ijo lolos ke final Divisi Utama 2013.

Persebaya sukses menggilas Persikabo Bogor 4-1 dalam duel semifinal Divisi Utama di Stadion Manahan, Solo, Minggu 8 September 2013. Sinyal kemenangan tim asuhan Tonny Ho itu sudah terlihat sejak menit 21. Tendangan bebas Srdan Lopicic tidak mampu dibendung kiper Persikabo, Agus Rohman. Skor 1-0 untuk keunggulan Persebaya bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persebaya tidak mengendurkan serangan. Pada menit 55, Persebaya menggandakan keunggulan. Lopicic sukses mencetak gol kedua untuk mengubah papan skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Persebaya. Lewat serangan balik cepat, Lopicic sukses menjebol gawang Persikabo lewat tendangan jarak dekat.

Memimpin dua gol, Persebaya semakin meningkatkan tempo permainan. Persebaya berhasil menambah keunggulan melalui Jean Boumsong. Lepas dari perangkap off-side, Boumsong memperdaya Agus. Tendangan ke sudut sempit gawang Agus membuat Persebaya memperlebar jarak menjadi 3-0.

Petaka untuk Persikabo datang di menit 80 saat Boumsong dilanggar di kotak terlarang. Boumsong yang ditunjuk menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan sempurna. Agus sebenarnya bisa membaca arah bola. Namun, dia gagal menghentikan lajunya.

Di masa injury time, Persikabo mendapat gol hiburan melalui penalti. Alejandor Tobar yang maju sebagai eksekutor sukses menjebol gawang Bayu Cahyo untuk memperkecil kedudukan menjadi 1-4. Skor tersebut bertahan hingga bubar.

Matthew Collins

Back to top