Menanti Hasil Swab Test, Program Latihan Timnas Indonesia Diubah

VIVA   –  Rencana latihan Timnas Indonesia senior serta U-19 harus diubah. Rencananya itu baru akan memulai program pelajaran pada Sabtu 1 Agustus 2020 mendatang.

Padahal bani asuh Shin Tae-yong sudah dikumpulkan di Jakarta sejak Kamis 23 Juli 2020. Dari sana itu langsung menjalani swab test sebati protokol kesehatan yang dibuat.

(Baca juga: Timnas Nusantara Jalani Protokol Ketat Sebelum TC)

Pemangku tugas Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengatakan, perubahan jadwal latihan ini karena sambil menanti buatan swab test keluar. Meski mundur, namun dia yakin semua agenda bisa dijalankan.

“Pelatih Shin Tae-yong menyiapkan program pelajaran perdana di lapangan pada satu Agustus 2020 mendatang, ” tutur Yunus, dikutip dari laman resmi PSSI.

Dokter Tim nasional Indonesia, Syarif Alwi mengatakan seluruh pemain tetap berada di hotel hingga hasil swab test keluar. Waktu yang ada digunakan sebab tim dokter Timnas Indonesia untuk melakukan latihan simulasi protokol kesehatan tubuh.

“Pemain akan melakukan kegiatan di hotel sambil menunggu hasil swab test yang kira-kira akan keluar tiga atau empat hari usai swab test dilakukan, ” ujar Syarif.

(Baca juga: Shin Tae-yong Tiba di Jakarta, Teks Timnas Mulai Latihan? )

“Kami (tim dokter PSSI) akan melakukan perbaikan nutrisi pada pemain terutama kebiasaan saat itu makan. Sambil menunggu hasil swab test, kami melakukan simulasi pelajaran dengan protokol kesehatan di hotel sebelum dilakukan latihan perdana, ” imbuhnya.

Matthew Collins

Back to top