Coutinho Kembali Kenakan Nomor Punggung Keramat di Barcelona

VIVA   – Philippe Coutinho kembali mengenakan nomor punggung keramat di Barcelona. Coutinho akan menjalankan nomor punggung 14 pada musim ini, yang merupakan angka keramat milik legenda Barcelona, Johan Cruyff.

Penetapan nomor tumpuan 14 kepada Coutinho seakan mengonfirmasi bahwa Barcelona ingin mempertahankan pemeran asal Brasil itu lebih lama lagi. Meskipun, ada sejumlah spekulasi yang menyebut Coutinho bakal kabur lagi pada bursa transfer musim panas ini.

Baca Juga: Koeman Puji Coutinho, Sinyal Tempat Pokok di Barca?

Pemain berusia 28 tahun itu telah menghabiskan musim 2019/2020 sebagai pemain pinjaman di Bayern Munich. Bersama raksasa Jerman itu, Coutinho berhasil memenangkan treble winners dalam musim lalu.

Makin, Coutinho menjadi pencetak dua lulus kemenangan Bayern Munich saat mereka mengalahkan Barcelona 8-2, pada perempatfinal Liga Champions 2019/2020. Kondisi tersebut sempat memunculkan rumor bahwa Coutinho akan kembali dipinjamkan.

Namun, pelatih baru Blaugrana, Ronald Koeman, telah memasukkan nama Coutinho ke dalam rencananya untuk musim ini. Pelatih asal Belanda tersebut juga berencana menjadikan Coutinho sebagai andalan karena statusnya sebagai pemain termahal.

Jelang laga perdana di LaLiga musim ini melawan Villarreal, pada Senin 28 September 2020, pagi buta WIB, Barcelona mengumumkan bahwa Coutinho kembali mengenakan nomor punggung 14.

Mengutip Mirror , nomor punggung 14 merupakan nomor sama yang dipakai Coutinho saat pertama kali gabung Barcelona pada pertengahan musim 2017/2018. Akan tetapi, ia sempat mengenakan nomor punggung 7 di musim berikutnya.

Setelah dia kembali, nomor punggung 7 era ini sudah digunakan oleh Antoine Griezmann. Saat dipinjamkan ke Bayern Munich pada musim lalu, Coutinho menggunakan nomor punggung 10.

Baca Juga: Barcelona Beri Nomor tujuh ke Griezmann, Bagaimana Nasib Coutinho?

Kendati demikian, cetakan punggung 14 di Barcelona ialah nomor yang pernah digunakan sebab sejumlah pemain legendaris. Sebelumnya, nama-nama seperti Javier Mascherano, Thierry Henry, dan Txiki Begiristain adalah pemilik nomor punggung 14.

Selain itu, nomor punggung 14 memiliki arti khusus bagi mendiang Johan Cruyff. Meski tidak sudah mengenakan nomor itu saat membela Barcelona, karier Cruyff melejit saat menjadi pemain ketika menggunakan bagian punggung 14 di Ajax Amsterdam.

Matthew Collins

Back to top