6 Fakta Mengerikan Usai Timnas Italia Juara EURO 2020

VIVA â€“ Timnas Italia berhasil meraih gelar juara EURO 2020. Trofi tersebut mereka pastikan usai Azzurri mengalahkan Inggris di laga final lewat drama adu penalti dengan skor 3-2.

Final EURO 2020 yang mempertemukan Italia melawan Inggris digelar di Wembley Stadium, Senin dini hari WIB, 12 Juli 2021. The Three Lions mampu unggul cepat ketika pertandingan baru berjalan dua menit.

Umpan silang Kieran Trippier dari sisi kanan menuju Luke Shaw yang berdiri bebas di tiang jauh. Kemudian, Shaw mampu mentambut bola untuk mengelabui Gianluigi Donnarumma yang membuat Inggris unggul 1-0.

Ketinggalan satu gol membuat Italia tampil lebih meneken demi menciptakan gol penyeimbang. Upaya mereka membuahkan hasil pada menit 67 melalui aksi Leonardo Bonucci usai memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan gawang Inggris.

Italia semakin dominan usai menyamakan kedudukan. Mereka mencatatkan pengusaan bola sebesar 62 persen dibanding 38 persen yang dicatatkan Inggris selama 90 menit.

Namun, hingga waktu normal berakhir tak ada lagi gol yang tercipta. Pertandingan pun terpaksa harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Pada 2×15 menit, papan skor juga tak berubah. Penentuan juara EURO 2020 harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Pada babak tos-tosan ini, penendang pertama masing-masing tim, Domenico Berardi dan Harry Kane sukses menjalankan tugasnya. Lalu, Andrea Belotti yang jadi penendang kedua Italia gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

Matthew Collins

Back to top